Wakasad Didampingi Pangdam II/Sriwijaya Tutup TMMD Ke-120 di Muara Enim

SUM-SEL85 Dilihat

IBInews.co.id-Muara Enim–Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-120 TA 2024 Kodim 0404/Muara Enim berakhir dan resmi ditutup.

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Tandyo Budi Revita didampingi Pangdam II /Sriwijaya Mayjen TNI Naudi Nurdika menutup secara resmi TMMD Ke-120 Kodim 0404/ME yang dipusatkan di Lapangan Desa Sidomulyo Kec. Gunung Megang Kab. Muara Enim, Jumat (07/06/2024).

Kegiatan TMMD yang diselenggarakan oleh Kodim 0404/Muara Enim kali ini merupakan Program TNI AD dengan tujuan untuk mempercepat pembangunan Pemerintahan di Kab. Muara Enim.

Selama 30 hari, terhitung dibuka pada tanggal 8 Mei 2024 lalu, kegiatan ini terdiri dari pembangunan fisik dan juga non fisik, diantaranya Pembukaan Jalan sepanjang 6 km dengan lebar 8 m, Rehab Pos Kamling sebanyak 4 unit, Rehab Mushola 1 unit, pembuatan Sumur Bor 3 unit dan MCK 1 unit, melakukan Rehab terhadap Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 5 unit serta melaksanakan program pengentasan Stunting dan penghijauan.

Kasad dalam amanatnya yang dibacakan Wakasad menyampaikan bahwa, kegiatan TMMD ke-120 yang bertema *“Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah”* merupakan bagian dari program lintas sektoral yang diprakarsai oleh TNI bersama kementerian dan lembaga pemerintah terkait, serta melibatkan seluruh komponen masyarakat.

“Program ini bertujuan membantu percepatan pembangunan di daerah 3T (Tertinggal, Terisolir dan Terluar), sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat,” ungkap Wakasad.

Disampaikan juga bahwa, pada TMMD ke-120 TA 2024 telah dikerjakan perbaikan sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang tersebar di 50 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia yang meliputi pembangunan fasilitas umum dan fasilitas sosial seperti pembukaan jalan baru, peningkatan jalan, pembuatan jembatan, pembuatan tanggul/talud, pemasangan gorong-gorong, pembuatan pos kamling, pembuatan sarana olahraga, rehab tempat ibadah (masjid, gereja, pura), rehab rumah tidak layak huni (RTLH)/MCK, pembuatan sumur bor, rehab sekolah, Posyandu, dan lain-lainnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat di wilayah.

Selain melaksanakan sasaran fisik, sambung dia, tidak kalah pentingnya adalah pelaksanaan kegiatan sasaran non fisik berupa penyuluhan dan sosialisasi pengetahuan yang dibutuhkan masyarakat meliputi Bela Negara, Ketahanan Nasional, Stunting, Posyandu dan Posbindu PTM, pertanian, peternakan, Kamtibmas, bahaya narkoba, radikalisme, pembersihan lingkungan, penanaman pohon, dan ketahanan pangan.

“Sasaran kegiatan non fisik ini sangat dibutuhkan dalam rangka membangun dan meningkatkan SDM masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, pada kegiatan TMMD ke-120 TA 2024, setiap Satgas TMMD melaksanakan program unggulan Kasad berupa TNI Manunggal Air (pembangunan sumur bor/pipanisasi), ketahanan pangan, penanaman pohon, penyuluhan stunting dan pemberian makanan tambahan untuk bayi, rehab RTLH dan MCK, serta pembersihan lingkungan yang kesemuanya untuk mendukung program pemerintah.

“Atas pelaksanaan TMMD ini, saya, Kepala Staf Angkatan Darat, selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kotamadya yang telah menganggarkan APBD untuk mendukung program TMMD ke-120 TA 2024,” ucap Wakasad mengutip amanat Kasad.

“Terima kasih juga kepada rekan-rekan TNI-Polri dan seluruh pihak serta komponen masyarakat yang telah bersinergi sehingga kegiatan TMMD dapat terselenggara dengan aman, tertib, lancar, dan tepat waktu sesuai target yang telah direncanakan,” pungkasnya.

Setelah acara penutupan TMMD, dilanjutkan pemberian tali asih berupa pembagian sembako dan alat kesehatan seperti kursi roda, dan dilanjutkan peninjauan UMKM dan bakti sosial kesehatan.

Reporter:Salim

 

Komentar