Upaya Pelestarian Lingkungan: Mahasiswa KK PMD Unram Desa Gili Gede Indah Melaksanakan kegiatan penanaman mangrove

Uncategorized97 Dilihat

 

IBI news.co.idLOMBOK BARAT NTB – Di sebuah pesisir yang terletak di dusun orong  bukal desa gili gede indah,  mahasiswa KKN PMD Unram Bersama masyarakat setempat bersatu untuk melaksanakan program penanaman mangrove. Upaya ini diinisiasi sebagai langkah konkret dalam pelestarian lingkungan dan penanggulangan dampak perubahan iklim. Rabu (7/2/2024).

Sekitar 150 warga desa turut serta dalam kegiatan penanaman mangrove yang digelar di dusun orang bukal desa gili gede indah. Kegiatan itu dilakukan pada Sabtu 27/1. Mereka bekerja bahu-membahu, membawa bibit mangrove, alat-alat tanam, dan semangat kebersamaan.

Kepala Desa Awaludin, berharap bahwa penanaman mangrove ini akan memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar.

“Mangrove bukan hanya sebagai pelindung pantai dari abrasi, tapi juga sebagai tempat hidup bagi berbagai jenis biota laut. Kegiatan ini merupakan investasi jangka panjang untuk keberlanjutan ekosistem,” ujar Bapak Awaludin.

Selain melibatkan masyarakat setempat, kegiatan ini juga mendapat dukungan dari instansi lingkungan setempat. Pemerintah daerah memberikan bantuan bibit mangrove dan mahasiswa kkn pmd unram memberikan edukasi kepada warga seputar pentingnya mangrove dalam menjaga keseimbangan ekosistem laut.

Diharapkan, penanaman mangrove ini dapat menjadi contoh bagi desa-desa sekitarnya untuk menggencarkan kegiatan pelestarian lingkungan. Langkah kecil ini diharapkan dapat berdampak besar dalam menjaga keberlanjutan ekosistem pesisir dan memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat setempat.

( INDRA // Red )

Komentar