TNI AD Manunggal Air: KSAD Resmikan Ribuan Titik Air Bersih

Uncategorized223 Dilihat

 

IBI news.co.idLOMBOK TENGAH – TNI Angkatan Darat menandai tonggak sejarah baru dengan melaunching program Manunggal Air yang bertujuan untuk meningkatkan akses air bersih dengan bantuan pompa hydram di berbagai daerah terpencil untuk kebutuhan masyarakat.

Dalam upaya ini, Kepala Staf Angkatan Darat KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak secara resmi melalui virtual conference (Vicon) bersama seluruh jajaran meresmikan 1.898 ribuan titik air di seluruh Indonesia.

Komandan Kodim 1620/Loteng Letkol Kav Andi Yusuf Kertanegara mengatakan program Manunggal Air ini merupakan bagian dari komitmen TNI AD untuk mendukung upaya pemerintah dalam menyediakan akses air bersih kepada masyarakat, terutama yang tinggal di wilayah pedalaman dan terisolasi.

“Program ini bertujuan untuk membangun Pampa Hydram dan sumber air lainnya guna memenuhi kebutuhan pokok masyarakat akan air bersih,” kata Dandim 1620/Loteng saat mengikuti Vicon bersama KSAD di halaman masjid Nurul Huda Kembang kerang Desa Aik Darek, Sabtu (10/2/2024).

Selain itu, Dandim juga menegaskan sesuai arahan KSAD yaitu pentingnya kolaborasi antara TNI AD, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam menjalankan program ini. Karena gerakan TNI-AD manunggal air bersih merupakan program TNI AD, hal ini untuk membantu masyarakat, kesulitan akan air bersih.

“Rakyat harus dicarikan solusi air bersih, dengan kita bangun pompa pompa hydram seperti yang sudah terbangun khususnya di kabupaten Lombok Tengah,” terang Dandim.

Menurutnya, Kebutuhan air bersih sangat berkaitan dengan program pencegahan stunting untuk masyarakat serta sebagai upaya membantu keberhasilan pemerintah untuk menekan angka stunting, tentunya juga tidak terlepas dari Sinergitas TNI, Polri dan pemerintah daerah.

“Harapannya kepada masyarakat dengan adanya program ini memanfaatkan lahanya untuk merubah ekonomi keluarga, karena jika fasilitas air bersih sudah ada tentunya peningkatan ekonomi keluarga harus tercukupi agar tidak ada lagi anak anak kita yang stunting,” ucapnya.

“Mudahan apa yang kita kerjakan berhasil, akan tetapi tanpa kerja sama dan dukungan dari semua unsur kita tidak akan bisa mengerjakannya,” tandasnya.

( INDRA / Red )

Komentar