Tanpa Jarak, Kebersamaan Danrem 044/Gapo Saat Bukber

SUM-SEL61 Dilihat

IBInews.co.id-Palembang– Suasana penuh kehangatan dan kebersamaan terjalin kental saat Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Muhammad Thohir, S.Sos., M.M bersama Prajurit, PNS dan Persit bersilaturahmi dalam Buka Puasa Bersama di Masjid Al Ikhlas Makorem 044/Gapo Jl. Jenderal Sudirman Km. 4 Kota Palembang, Rabu (27/3/2024).

Bukber (Buka puasa bersama) bukan hanya soal makanan dan minuman semata, namun juga tentang kebersamaan, keikhlasan dan kedekatan serta terjalinnya silaturahmi, mengharap berkah Allah SWT. Setiap momen yang dilalui bersama menjadi memori dan pelajaran berharga tentang nilai-nilai kehidupan yang sejati.

Kegiatan yang digelar Korem 044/Gapo ini diawali dengan peringatan Nuzulul Quran 1445 H. Turunnya Al-Qur’an atau yang kita kenal dengan Nuzulul Qur’an memiliki hikmah dalam proses pembinaan keagamaan. Terlebih lagi kegiatan ini dilaksanakan dalam kondisi sedang melaksanakan kewajiban ibadah puasa ramadhan.

Pada sambutannya, Danrem mengatakan, Nabi Muhammad SAW sebagai penerima wahyu, sesungguhnya diutus ke bumi ini sebagai rahmatan lil‘alamin, sehingga sangat tepat apabila Al-Qur’an sebagai risalah yang dibawanya juga merupakan rahmat bagi semua makhluk di alam semesta ini.

“Peringatan nuzulul qur’an mengandung makna sebagai terapi, dalam arti menjadi wacana penyadaran masyarakat untuk mau menahan dan menjaga diri dari pengaruh negatif yang merugikan diri dan orang lain,” ucapnya.

“Mudah-mudahan melalui ibadah puasa dan peringatan Nuzulul Qur’an ini kualitas ibadah dan amaliah sosial kita masing-masing dapat semakin meningkat,” pungkasnya.

Ustad K.H. Drs. Solihin Hasibuan, M.Pd berpesan pada Ceramah Tausiah, “Pesan moral saat melaksanakan ibadah puasa ialah dalam hidup ini kita harus berhati-hati karena kita dalam pantauan Allah SWT, yang mengetahui isi hati dari makhluk ciptaan-Nya,” katanya.

“Apa yang kita makan dan minum harus kita perhatikan, itu merupakan salah satu nikmat dari Allah SWT. Ketika berbuka puasa nikmat itu sangat kita rasakan setelah 11 jam kita tidak makan dan minum” ucapnya.

Kapenrem Mayor Inf Jauhari menambahkan, “Dengan hati yang penuh syukur, kita semua berharap bisa bertemu lagi di momen berharga Bulan Ramadhan tahun depan. Semoga Ramadan ini memberkahi setiap langkah dan amal ibadah kita semua”.

Selepas buka puasa bersama, kegiatan dilanjutkan dengan Shalat Magrib, Isya dan Tarawih secara berjamaah.

Reporter:Salim

Penrem 044/Gapo Palembang

Komentar