Pemdes Sumber Rejeki Maksimalkan Bangun Infrastruktur Guna Wujudkan Ketahanan Pangan.

Uncategorized137 Dilihat

 

IBInews.co.id ~ KOLAKA // -Sesuai Penjelasan Eko Kurnianto SP Kepala Desa Sumber Rejeki,
Bahwa Pemerintahan Desa memiliki beberapa tugas dan fungsi utama Dalam Hal pelayanan bidang Pemerintahan sekaligus pengambil kebijakan dalam pelaksanaan Pembangunan yang tepat sasaran dan tepat guna bagi Masyarakat, ,(Jumat 19 April 2024).

Selanjutnya Eko Kurnianto
mengungkapkan besaran Dana Apbdes Desa Sumber Rejeki Kacamatan Watubangga Kab Kolaka Sultra Tahun 2024.

“Alhamdulillah Tahun 2024 ini Desa Sumber Rejeki mendapat kucuran dana dari pemerintah pusat dan kabupaten berkisar 1.9 Milyar,dimana Dana Desa sekitar 800 juta sedangkan Alokasi Dana Desa Berkisar 1.Milyar lebih”.

Masih Dalam keterangannya, dia menjelaskan rencana kegiatan Fisik yang akan dibangun melalui ADD dan DD tahun 2024.

“Merujuk hasil Musyawarah Ada 5 item Kegiatan fisik yang akan dilaksanakan melalui dana desa ,Dan Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung terwujudnya ketahanan Pangan di Sumber Sari ”

Adapun Kegiatan yg dimaksud
Pemeliharaan Drainase di Dusun 1 dengan volume 1.5 km, pemeliharaan gorong gorong, pembangunan Drainase di Dusun II sepanjang 140 meter, pemeliharaan jalan produksi didusun III sepanjang 2 Km.

“Dari Kegiatan fisik ini masih berhubungan dengan Peningkatan Jalan produksi,kami berharaf dengan tersedianya jalan produksi yang baik,secara otomatis lalulintas petani lancar Dan sangat membantu warga melakukan aktifitas pertanian dan perkebunan”.

“Dana Desa juga digunakan pada program pemberdayaan Masyarakat berupa pemberian bantuan ternak kambing, dan pemberian bantuan jeruk, selain itu pemdes Sumber rejeki prioritaskan anggaran untuk penanganan stunting yang nilainya 200 juta.”

Lanjut Eko merinci penggunaan Alokasi Dana Desa yang menyentuh beberapa aspek .

“Sasaran penggunaan Alokasi Dana Desa sangat jelas peruntukannya, yaitu,insentip Kepala Desa, honor aparat desa juga Dana pendukung Kegiatan pemerintahan, selain itu sebagian anggaran dialokasikan untuk Rehabilitasi Kantor Desa, Pengadaan Lampu Jalan, Rehab Masjid.ujarnay”.

(Ibnu / Red)

Komentar