Parindo Minta Bawaslu Bolmong Gugurkan Panwascam Yang Ada Catatan Buruk

Uncategorized408 Dilihat

 

IBInews.co id ~
BOLAANG MONGONDOW // –Seleksi Pengawas Kecamatan (Panwascam) sudah mulai dilaksanakan oleh Seluruh Bawaslu Kabupaten/Kota yang akan melakukan Pemilihan umum kepala Daerah (Pemilukada).Dalam seleksi kali ini mungkin agak berbeda dengan tahun sebelumnya karena Bawaslu selain membuka penjaringan bagi anggota panwascam yang baru juga melakukan Evaluasi kepada mereka yang incumbent.

Parindo Potabuga salah satu aktivis ternama di BMR saat bertemu dengan awak media di salah satu Cafe kopi di Kotamobagu mengatakan bahwa Bawaslu sudah melakukan evaluasi terhadap panwascam,dan ada beberapa nama yang masih diterima tapi ada juga yang sudah tidak diterima karena mungkin ada laporan dari masyarakat atau mungkin saja ada kode etik yang dilanggar.

“Saya melihat ada banyak juga incumbent yang sudah tidak terakomodir lagi dalam struktur panwascam,mungkin saja saat menjadi panwas kemarin di pileg mereka ada catatan hitam di Bawaslu”,ucap Potabuga.

Potabuga juga menambahkan ,ada persoalan yang sedikit mengganjal dan harus dipertanyakan ke bawaslu bolaang mongondow berkaitan dengan masih munculnya salah satu panwascam dari Kecamatan Dumoga Barat,atas nama Suhardja Bonde.”Tambahnya

Menurut Parindo,saat Pileg kemarin dia dan 2 personel Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Dumoga barat menerima uang dari dia sejumlah 40 juta untuk menjaga salah satu caleg pemenang di pileg.

“Saya punya bukti jelas beserta saksi PPK yang mengembalikan uang saat itu,jadi mereka tidak bisa mengelak karena buktinya sangat akurat dimana uang diterima kemudian dipakai,berbeda dengan 2 personil PPK lainnya ,saat mereka menerima uang yang di berikan terduga Risky mereka langsung mengembalikan uang tersebut kepada saya”,terang Potabuga.

Olehnya lanjut Parindo,Bawaslu Bolmong jangan menciderai lembaga hanya karena faktor kedekatan ataupun ada hubungan keluarga sebab ini sudah berbicara masalah integritas personal bawaslu dan juga lembaga.

“Bawaslu Bolmong sudah harus tegas saat mengambil keputusan jangan sampai hanya karena ulah oknum panwascam kemudian nama baik lembaga yang tercoreng”,tutupnya.

Sayangnya saat awak media konfimasi ke ketua Bawaslu melalui nomor whatssApp +62 852-9824**** belum ada tanggapan sama sekali.

TW1 / red

Komentar