Mengenal Figur Hendrik Christian Dari Penyidik KPK Hingga Terjun ke Dunia Politik

Uncategorized972 Dilihat

 

 

IBInews.co.id
MALUKU BARAT DAYA // – ” Pasca Hendrik mendaftar sebagai bakal calon Bupati Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) ke beberapa Partai Politik guna mendapatkan rekomendasi sebagai tiket untuk bertarung pada Pilkada 2024. Senin (06/05/2024)

Nama Drs. Hendrik Natalus Christian, M.H,. mulai mencuat ke publik lantaran namanya disebut sebagai salah satu putra terbaik MBD yang telah mendaftarkan diri sebagai bakal calon Bupati periode 2024-2029 ke DPC Partai PKB, GERINDRA, PAN dan HANURA di kota Tiakur.

Berikut riwayat pendidikan hingga mengabdi sebagai Anggota Polisi dan kemudian mengundurkan diri dari polisi dan masuk ke penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI). Hendrik tamat sekolah di SD Kristen Wonrerli tahun 1974, tamat SMP Negeri Wonrerli tahun 1977
Tamat SMA 3 Negeri Ambon 1981.

Dalam masa tugas polri Pada tahun 1985-2004, dan pada tahun 2005 sampai 2020 masuk sebagai penyidik KPK dan akhirnya pada tahun 2024 terjun ke dunia politik, karena terpanggil untuk membangun negeri kalwedo dengan hati nurani tanpa ada sekat. Kekuatan hati nurani bersama masyarakat MBD inilah yang menguatkan tekad Hendrik mendaftar sebagai bakal calon Bupati.

Hendrik Christian “Nama panggilan Hendrik lahir dan besar dilingkungan keluarga Ayah Oktovianus Christiaan asal Pulau kisar dan Ibu Chaterina Petrusz asal dari pulau Leti.
semasa di Pulau leti ia menghabiskan masa kecilnya di Kampung Nuwewang dan Wonrerli pulau Kisar. Untuk masa sekolah, SD, SMP di pulau kisar Wonrerli dan lanjut SMA di kota Ambon.

Setelah tamat SMA Negeri 3 kota Ambon 1981, kemudian Hendrik harus merantau ke pulau jawa dan mengikuti tes sebagai anggota Bintara Polri di Mojokerto tahun 1984-1985 dan pendidikan perwira polri 1998-1999. Selama menjalankan tugas polri, Hendrik pernah ditugaskan sebagai pasukan khusus PBB dari anggota Polisi ke Kamboja tahun 1992. Dan juga di tahun 2000-2001 Hendrik ikut sebagai anggota polisi yang lolos seleksi masuk anggota PBB ke Bosnia-Herzegovina.

Pada tahun 2005 Hendri masuk sebagai penyidik KPK. Sebelumnya Hendrik diberi kepercayaan menjabat sebagai Kasat Narkoba Polresta Malang Jawa Timur.

Setelah itu, Hendrik mengundurkan diri dari kepolisian dan masuk ke KPK. Hendrik aktif dalam pemberantasan Korupsi sebagai penyidik KPK yang berprestasi. Sepanjang karir di KPK kurang lebih 15 tahun, dan pernah menjabat sebagai Direktorat Penyidikan Deputi Bidang Penindakan KPK RI.

“Dalam karirnya Hendrik pernah Operasi Tangkap Tangan (OTT) dan memeriksa para pejabat Negara yang berkaitan dengan kasus tidak pidana korupsi. Dan salah satu kasus yang menonjol, tepatnya pada tahun 2016 dalam pengeledahan ruang kerja wakil ketua Komisi V Fraksi PKS di gedung DPR RI, namun dihalangi oleh wakil ketua DPR RI Fahri Hamzah.

Terjun ke Dunia Politik bukan hal yang gampang atu mudah, namun karena panggilan hati nurani yang menjadi kekuatan sebagai anak negeri dalam melayani masyarakat Maluku Barat Daya secara menyeluruh maka perlu sosok pemimpin yang berjiwa besar dan adil bagi pembangunan fisik maupun membangun sumber daya manusia, tanpa ada sekat atau perbedaan.

Selain itu, Hendrik meras semangat perjuangan ini adalah awal dalam berkomitmen dari perpaduan tim relawan yang terbentuk di dua pulau besar Leti dan Kisar. Komitmen ini berdasarkan kondisi di daerah MBD saat ini dan melihat kurangnya pemerataan pembangunan yang terkesan jalan ditempat. Juga dalam praktik politik demokrasi hari ini masyarakat melihat dan merasakan bahwa sistim pemerintah hanya dikuasai oleh segelintir orang atau kelompok sehingga asas keadilan itu tidak ada.

Atas dasar itulah, Pada tahun 2024 Hendrik Christian secara terang-terangan bersama tim relawanya menyatakan diri bersaing di Pilkada Kabupaten Maluku Barat Daya 27 November mendatang.

Mantan penyidik KPK RI, Hendrik Christian disyaratkan akan mendapatkan rekomendasi dari dua partai politik. Jika saja Dewi Fortuna berpihak kepada pria kelahiran 1960 ini, Pilkada Kabupaten Maluku Barat Daya 2024 bakal sengit.

Bagi “Hendrik Christian dalam berpolitik tidak ada lawan yang abadi “Doa restu dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat MBD dari pulau Marsela matahari terbit sampai ke pulau lirang matahari terbenam yang sejiwa dalam keterpangilan hati nurani yakinlah bersama saya “Hendrik Natalus Christian” kita akan bangun Kabupaten Maluku Barat Daya secara adil di seluruh bidang Sebab inilah yang diinginkan masyarakat akar rumput.

***JQ27

Komentar