Masjid Al-huda Palembang dipadati Jamaah untuk Sholat Tarawih Pertama

SUM-SEL110 Dilihat

IBI News.co.id–Palembang–Ratusan jemaah Masjid Al-Huda Kampung Sukosari melaksanakan salat tarawih pertama di Masjid Al-Huda, Jalan Sukosari, Kelurahan Talang kelapa Kecamatan Alang Alang Lebar Palembang, Senin (11/3/2023) malam.

Salat tarawih dilaksanakan seusai ratusan jemaah Masjid Al-Huda tersebut menunaikan salat isya berjamaah. Tak hanya jemaah pria, salat taraweh juga diikuti oleh jamaah perempuan warga Seputaran Kampung Sukosari Palembang

Ketua Pengurus Masjid Al-Huda H.Darul Jalal saat dimintai keterangan menjelaskan, salat tarawih malam pertama ini digelar berdasarkan keputusan Pemerintah menetapkan awal Ramadhan 1445 H yang menyatakan awal Ramadan jatuh pada Selasa (12/3/2024) ketetapan ini disampaikan oleh Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas sebagai hasil sidang isbat Awal Ramadhan 1445 H.

“Kami mengikuti ketetapan yang telah disampaikan oleh Pemerintah , bahwa awal Ramadan itu bertepatan pada 12 maret 2024, sehingga pada malam hari ini, 11 maret 2024, kita melaksanakan salat tarawih yang pertama,” papar Darul Senin (11/3/2024) malam.

Turut hadir dalam kegiatan Sholat Tarawih tersebut Bendahara masjid Al-huda Toni Hariadi,ST, Ketua Peribadatan Drs.H.Alinudin Sani,MSi Sholat Tarawih yang digelar dimasjid Al-Huda dilaksanakan delapan rakaat sholat tarawih dan tiga rakaat sholat witir yang diimami H Darul Jalal dengan Bilal Rudi Hartono serta jawabul Bilal Bastari Aziz

Dalam sambutannya Ketua Masjid Al-Huda Mengajak jamaah untuk memakmurkan masjid dengan kegiatan keagamaan baik Amalia ramadhan ataupun kegiatan tadarusan Alquran Dalam sambutan nya H.Darul mengatakan bahwa ada 4 golongan manusia yang dirindukan surga. Nabi Muhammad SAW bersabda:

الْجَنَّةُ مُشْتَاقَةٌ اِلَى أَرْبَعَةِ نَفَرٍ : تَالِى الْقُرْانِ, وَحَافِظِ اللِّسَانِ, وَمُطْعِمِ الْجِيْعَانِ, وَصَا ئِمٍ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ
Artinya: “Surga merindukan empat golongan: orang yang membaca Al Quran, menjaga lisan (ucapan), memberi makan orang lapar, dan puasa di bulan Ramadhan” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

Golongan pertama adalah orang-orang yang lisannya senantiasa digunakan untuk membaca kalam Allah SWT setiap waktu dan kesempatan yang ada.

Bahkan, saat lapang maupun sempit. Selain dirindukan oleh surga, orang yang rajin membaca Al Quran hatinya juga akan menjadi tenang.

Golongan Manusia yang Dirindukan Surga
Golongan kedua merupakan orang yang selalu menjaga lisannya dari berkata kotor, mencaci-maki, dan menghujat. Golongan ini termasuk orang-orang yang beriman. Disebutkan dalam sebuah hadis Nabi saw yang berasal dari Abu Hurairah ra. Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: “Barang siapa yang beriman kepada Allah dari hari akhir hendaklah dia berkata yang baik, atau diam. Barangsiapa yang beriman kepada Allah dari hari akhir menghormati tetangganya. Dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dari hari akhir, maka hendaklah dia memuliakan tamunya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Golongan ketiga adalah orang yang memberi makan terhadap orang yang kelaparan. Golongan ini merupakan orang yang senantiasa membantu orang yang membutuhkan. Allah SWT akan membalas kebaikan yang dilakukan oleh hambanya. Bahkan, kelak di hari kiamat Allah SWT akan memberikan makan dari buah-buahan surga.Apalagi di bulan puasa ini pahala kita akan dilipat gandakan Allah SWT.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda yang artinya: Golongan keempat adalah orang yang berpuasa di bulan Ramadhan. Golongan ini adalah orang yang senantiasa menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Maka, bersyukurlah bagi mereka yang senantiasa melaksanakan puasa Ramadhan. Kehadiran mereka dirindukan oleh surga Allah SWT dan dirindukan Surga tandasnya***

Reporter:Salim

Komentar