Longsor Di Binduriang, TNI, Polri Dan BPBD Gerak Cepat

SUM-SEL121 Dilihat

IBInews.co.id- Taba Padang–Babinsa Koramil 409-09/BDR Kodim 0409/RL bersama Instansi terkait respon cepat terhadap bencana alam tanah longsor yang menutup jalur lintas Curup Lubuk Linggau pada senin dini hari. Selasa(04/06/24)

Dandim 0409/RL Letkol Arh. Moch. Erfan Yuli Saputro mengatakan laporan cepat oleh Babinsa Koramil Binduriang terhadap kejadian tanah longsor di desa Taba Padang Kecamatan Binduriang Kabupaten Rejang Lebong yang menutup jalur lintas Kabupaten Rejang Lebong dengan Kota Lubuk Linggau yang terjadi pada pukul 01.00 WIB dini hari.

Langkah yang langsung kita lakukan bersama rekan kita Polri langsung ke lokasi guna mengendalikan kemacetan yang sempat terjadi beberapa saat serta mengamankan para pengendara agar tidak terlalu dekat dengan area longsoran.

Selanjutnya saya langsung berkoordinasi dengan pihak BPBD Rejang Lebong dengan aparat terkait guna mengatasi kejadian tersebut hingga selesai.TNI, Polri dan BPBD terus bekerja secara maksimal membuang material longsoran sehingga dapat dilalui kembali oleh para pengendara. ujarnya

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni mengatakan Longsor akibat hujan semalaman dan intensitasnya tinggi, sehingga menyebabkan longsor cukup parah dengan banyaknya tanah yang menutupi badan jalan. Tapi sudah langsung ditangani pihak BPBD Rejang Lebong dengan aparat terkait. Walaupun jalur itu statusnya tanggung jawab Pemerintah Provinsi Bengkulu. jelas Herwan Antoni

Dikatakan Herwan Antoni, di kawasan Rejang Lebong memang terdapat beberapa kawasan rawan longsor baik jalur lintas Curup – Lubuk Linggau, maupun jalur dari Beringin III ke Sindang Dataran.

Jadi jalur ini kondisinya juga mengkhawatirkan, karena setengah bahu jalannya itu longsor. Jadi setengah jalannya saja yang bisa dilalui dan ini sudah kita koordinasikan dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Bengkulu agar bisa ditangani segera, tambah Herwan Antoni.

Dengan kondisi kerawanan tersebut, masyarakat khususnya pengguna jalan yang melintas di jalur itu diharapkan waspada dengan memperhatikan kondisi jalan dan kondisi cuaca ketika melalui jalanan tersebut.

Pihak Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui dinas instansi terkait berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat menurutnya juga terus melakukan antisipasi dengan menyiagakan alat berat sehingga bisa dilakukan penanganan ketika musibah terjadi. (sumber RRI)

Kapolsek PU. Tanding IPTU Hengky Noprianto, S.H., MH mengatakan Personil Polsek Padang Ulak Tanding dan Babinsa Koramil Binduriang melaksanakan Kegiatan monitoring dan pengamanan di jalur Lintas Curup-Lubuk Linggau,

Kita terus memantau dan membantu proses pembersihan longsor yang menutupi badan jalan serta mengurai kemacetan lalu lintas. Alhamdulillah berkat kerja sama yang solid longsor dapat kita selesaikan dan lalu lintas kembali normal. katanya

Reporter:Salim

 

Komentar