Kick Off Koramil 1615-02/Pringgabaya Bersihkan Saluran Irigasi

Uncategorized183 Dilihat

 

IBI.news.co.idLOMBOK TIMUR – Kick Off Kodim 1615/Lotim sampai saat ini masih terus dilakukan. Hari ini Koramil 1615-02/Pringgabaya melaksanakan gotong royong pembersihan saluran irigasi sepanjang 50 meter di Dusun Dasan Bagek Desa Apitaik Kecamatan Pringgabaya Lombok Timur, Selasa (16/1/2024).

Saluran irigasi sepanjang 50 meter tersebut dipenuhi sampah dan tertimbun tanah dan rumput liar disekitar parit yang menghambat jalan air ke hilir.

Danramil 1615-02/Pringgabaya Kapten Inf Masrun mengatakan menjaga kebersihan lingkungan harus dilakukan dengan karya nyata seperti gotong royong yang dilakukannya bersama sejumlah anggota Polsek, Satpol PP, Komponen Cadangan, Pramuka Saka Wira Kartika dan masyarakat setempat.

Gotong royong menurutnya merupakan langkah yang tepat untuk menciptakan suasana lingkungan yang sehat, bersih, asri dan nyaman karena tidak polusi udara atau sarang nyamuk yang bisa berkembang.

“Jadi manfaat gotong royong ini sebenarnya kita sudah sama-sama tahu, untuk itu mari giatkan lagi ditengah-tengah masyarakat kita agar terciptanya kebersamaan dalam menjaga kelestarian alam minimal lingkungan kita bersih,” imbau Masrun.

Sedangkan Pasiter Kodim Kapten Inf Agil yang juga hadir di lokasi membersihkan apresiasi atas semangat gotong royong warga bersama TNI untuk membersihkan tumpukan sampah dan tanah di saluran irigasi.

“Tumpukan sampah dan endapan tanah yang menutupi saluran irigasi dibiarkan maka pasti akan terjadi luapan air jika hujan dan jalan raya akan terganang,” bebernya.

Selain gotong royong pembersihan lingkungan, Agil juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk menanam pohon terutama di lahan kosong baik di rumah, kebun maupun hutan.

Dihalaman rumah dan kebun bisa ditanami pohon buah seperti mangga, durian, kelengkeng, rambutan dan sebagainya sehingga memiliki nilai ekonomis bagi pemiliknya.

“Khusus di kawasan hutan, penanaman pohon bisa dilakukan bersama-sama pada musim hujan agar bisa tumbuh subur dan bermanfaat bagi kita semua,” tutupnya.

( INDRA // Red )

Komentar