Kepala Desa Purodo Kolaka Jayus Sukses Antar Kampung Kb Purnama Nominasi Tiga Besar Lomba Tingkat Nasional .

Uncategorized67 Dilihat

Kepala Desa Purodo Kolaka Jayus Sukses Antar Kampung Kb Purnama Nominasi Tiga Besar Lomba Tingkat Nasional .

 

 

IBInews.co.id ~
KOLAKA // –Sesuai hasil Tim Penilai Verifikasi Lapangan Kampung KB dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan penilaian terhadap Kampung KB Puuroda tanah Makmur Kabupaten Kolaka.

Kegiatan verifikasi lapangan dilakukan setelah Kampung KB Purnama masuk ke dalam nominasi tiga besar lomba kampung KB di tingkat nasional mewakili Sultra tahun 2024. Kampung KB Purnama akan bersaing dengan dua Kampung KB dari Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara dalam perlombaan Kampung KB tingkat nasional.

Penjabat (Pj) Bupati Kolaka yang diwakili oleh Pj Sekda Kolaka, Muhammad Fadlansyah mengafresiasi kedatangan tim verifikasi lapangan di Kampung KB Purnama Desa Puuroda, Kecamatan Baula, Kabupaten Kolaka, Selasa (28/05/2024).

“Selamat datang tim verifikator dari BKKBN dan Kemendagri di Desa Puuroda tercinta, semoga Desa Puuroda menjadi Kampung Keluarga Berkualitas terbaik tingkat nasional di tahun 2024,” ujarnya.

Lanjut Padlansyah dalam sambutannya, sudah waktunya juga Kabupaten Kolaka menyandang label terbaik Kampung KB se-Indonesia. Sebelumnya Kolaka juga pernah meraih prestasi yaitu juara tiga lomba kampung keluarga berkualitas tingkat provinsi tahun 2022, Juara satu lomba kampung keluarga berkualitas tingkat provinsi tahun 2023, dan harapan 1 lomba menu kreasi dapur sehat atasi stunting tingkat nasional tahun 2023.

“Sekarang sudah waktunya BKKBN juga memberikan label terbaik Kampung Keluarga Berkualitas (KB) se-Indonesia”, tuturnya.

Ia menjelaskan, di Kabupaten Kolaka untuk kampung keluarga berkualitas sudah 100 persen dan tersebar di 135 desa/kelurahan se-Kabupaten Kolaka.

Menurutnya, dengan keluarga yang berkualitas maka akan bisa menciptakan generasi yang berkualitas sebagai garda terdepan untuk bersiap menghadapi tantangan mewujudkan Indonesia Generasi Emas tahun 2045.

Keluarga berkualitas juga berarti memiliki kecakapan secara lahir dan batin. Dimana dari keluarga yang berkualitas akan lahir anak-anak yang unggul, serta akan membawa peradaban bangsa ke arah yang lebih tinggi.

“Mudah-mudahan apa yang menjadi ikhtiar kita bersama dan hasil verifikasi faktual juga bisa terpotret dengan baik. Semoga apa yang kita kehendaki bersama di ridhoi oleh Allah SWT,” ujarnya.

Selanjutnya, Ketua Tim Penilai Verifikasi Lapangan Kampung KB yang juga sebagai Direktur Analisis Dampak Kependudukan BKKBN RI, Faharuddin mengatakan, terdapat tiga Kampung KB dari pangkajenne Sulawesi selatan yang masuk dalam nominasi tiga besar. Pihaknya akan menilai program-program yang dilaksanakan masing-masing Kampung KB untuk menentukan siapa yang layak menjadi juara tingkat nasional.

“Kabupaten Kolaka masuk nominasi tiga besar regional dua, dan enam besar nasional seluruh indonesia” ungkapnya.

Terdapat tiga indikator penilaian yakni pendidikan, kesehatan, serta ekonomi masyarakat. Dari sisi pendidikan pihaknya ingin melihat rata-rata jenjang pendidikan yang ditempuh dari masyarakat di Kampung KB.

Dari sisi kesehatan, kami melihat angka harapan hidupnya. Kemudian dari sisi ekonomi, dilihat dari tingkat pendapatan masyarakat di sana.

“Kami juga ingin melihat bagaimana pola kegiatan ini berjalan terhadap ketiga aspek tersebut,” sambungnya.

“Saya juga sangat kagum dengan kemajuan Desa Puuroda yang sangat cepat. Dalam kurun waktu kurang lebih 10 tahun, awalnya desa tertinggal menjadi desa yang maju, dimana Desa Puuroda sudah memenuhi variabel sebagai desa maju, ini merupakan kerja keras yang patut di hargai,” tutupnya.

Selanjutnta, Tim Verifikasi dari Kementerian Dalam Negeri RI, Inggrit Putri Distarini menjelaskan, proses verifikasi juga ada beberapa indikator yang dilihat antara lain Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), layanan jaminan dan perlindungan sosial dan sanitasi.

Masuknya Kampung KB Purnama dalam nominasi tiga besar lomba Kampung KB tentu mengejutkan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kolaka. Kepala DPPKB Kolaka, Andi Wahidah, menerangkan, pihaknya sangat mendukung Kampung KB Purnama agar bisa menjadi juara di tingkat nasional.

“Ini menjadi kebanggaan bagi Sulawesi Tenggara dan khususnya Kabupaten Kolaka. Kami siap memberikan dukungan yang dibutuhkan agar tujuan itu bisa tercapai,” ujarnya.

“Semisal tenaganya kurang, kita siap membantu melalui Penyuluh KB untuk membantu memposting berbagai kegiatan dari Kampung KB Purnama di website Kampung KB seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Dimimbar yang sama, Kepala Desa Puuroda, Jayus mengapresiasi berbagai pihak dan opd atas bantuan dan fartisipasi dalam persiapan verifikasi Kampung KB Purnama,sehingga masuk dalam nominasi tiga besar lomba Kampung KB tingkat nasional. Hal tersebut menurutnya merupakan penghargaan yang luar biasa bagi Desa Puuroda.

Awal terbentuknya desa itu tepatnya tahun 1996, merupakan desa yang sangat tertinggal, dengan berbagai upaya Desa Puuroda hingga saat ini sudah meraih beberapa prestasi dan penghargaan serta pertanian organik yang merupakan ikon desa tersebut.

“Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang sudah mendukung desa kami hingga sampai sekarang berhasil masuk nominasi tiga besar lomba kampung KB tingkat nasional. Kami harap kita bisa menyabet juara itu,” singkatnya.

Dari pantauan awak media,Turut hadir dalam kegiatan verifikasi lapangan dikampung KB Purnama Desa Puuroda antara lain, Perwakilan BKKBN Sultra, DPRD Kolaka, Forkopimda Kolaka, OPD Kolaka, PKK, camat, kepala desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama, penyuluh KB, kader KB serta mitra lainnya.(Tim IBI

Komentar