Dukung Produktifitas Pertanian dan Ketapang Pemdes Puuroda Prioritas Bagun Jalan Usaha Tani, Rabat Beton Dan Pintu Air

Uncategorized108 Dilihat

 

IBI news. co. id __ KOLAKA // Setelah menerima amanah dari masyarakat Puuroda memilih dirinya sebagai Kepala Desa Periode 2023 -2029 ,Jayus berjanji dalam misinya siap memberikan yang lebih baik kepada masyarakat Puuroda, hal ini diungkapkan Kepala Desa Puuroda Jayus dikantornya, satu hari sebelum HUT Hari jadi kabupaten Kolaka ke 64. Tanggal 27 Pebruari 2024.

“Kalau Pemerintahan kemarin bukan kita katakan tidak baik, sudah baik namun kepercayaan dari warga dan merupakan amanah yang memillih dan percaya Kepada kami tentu harus dijalankan dengan amanah dan lebih baik dengan implementasi memberikan pelayanan yang prima kepada warga dan melaksanakan Pembangunan yg Tepat sasaran dan bermanfaat Kepada warga Puuroda. ”

Sesuai yang disebutkan Jayus ,Bahwa Tahun 2024 Desanya mendapat kucuran dana dari pemerintah sebesar 1.9 milyar rupiahl

“Alhamdulillah tahun ini Desa kami mendapat kucuran dana sebesar 1.9 milyar ,dimana transperan Dana pusat atau Dana Desa(DD) senilai Rp 800 juta lebih ,sedangkan Alokasi dana Desa ADD senilai Rp. 1.1 Milyar yang bersumber dari Apbd Kabupaten Kolaka tahun 2024 ,jadi anggaran yang masuk .total 1.9 Milyar lebih”.

Selanjutnya Jayus menjelaskan rencana penggunaan Dana Desa dan ADD Desa Puuroda Tahun 2024.

“Kalau untuk tahun ini berdasarkan hasil usulan masyarakat rencana direalisasikan kebeberapa program,seperti Program pencegahan stunting,bidang ketahanan pangan, berupa bantuan benih bibit sayur, pembangunan pintu air, juga ada bantuan Blt sekitar 30 warga penerima Manfaat”.

Masih dalam keterangannya,”Dengan melihat potensi sumber daya alam Desa Puuroda yang memiliki persawahan seluas 396 Ha dan perkebunan kurang lebih 10 Ha, maka untuk mendukung produktifitas hasil panen, pembangunan fisik d prioritas pada pembangunan jalan usaha tani bersifat peningkatan dan pembangunan jalan Rabat beton ,selain itu juga pembangunan pintu Air, kegiatan ini fokus ditiga Dusun yaitu dusun pundokulu, dusun paraiwoi, dan dusun Iwoimenggalama yang ada di Puuroda .”

Dirinya lanjut menjelaskan peruntukan Alokasi Dana Desa Puuroda .

“Kalau untuk alokasi dana desa (ADD) itu sangat jelas peruntukannya ,dan Add digunakan untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan didesa, dan juga insentif aparat desa juga selain itu alokasi Dana Desa untuk pembangunan sarana fisik kantor Desa ,” katanya .

Jayus mengakui kalau semua kegiatan pembangunan diDesa Puuroda berdasarkan hasil musyawarah.

“Selaku Pemerintah, melaksanakan pembangunan berdasarkan usulan masyarakat melalui musrembang Desa,yang dirumuskan dalam. Apbdes, Desa Puuroda dengan mengacu pada Petunjuk Tehnis pengelolaan Dana Desa”.ujarnya.
(IH) // red

Komentar