IBInews.co.id. ==
PRINGSEWU – Dalam upaya meningkatkan kualitas Pelayanan Publik Adminduk di Pringsewu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten setempat, menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) yang dilaksanakan di Aula Kantor Bappeda Pringsewu Rabu (16/10/2024).
Forum tersebut dihadiri oleh beberapa unsur elemen masyarakat, yaitu Perwakilan Akademisi, Lembaga Swadaya Masyarakat, Media massa, Apdesi, Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Tokoh Agama dan perwakilan dari beberapa instansi pemerintahan Kabupaten Pringsewu.
Kepala Disdukcapil Kabupaten Pringsewu Sudarsih menjelaskan, bahwa dengan diadakannya forum ini sebagai bahan dasar evaluasi standar pelayanan secara berkesinambungan. Dengan adanya kegiatan ini memberikan keterbukaan akses informasi kepada masyarakat baik dalam persyaratan, prosedur, biaya, serta jangka waktu pelayanan dapat diketahui masyarakat secara luas.”Forum Konsultasi Publik merupakan salah satu media dalam rangka peningkatan pelayanan publik. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan dapat mewujudkan keinginan masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang lebih baik lagi,” katanya.
Menurutnya, FKP diselenggarakan untuk memberikan kesempatan dan pemahaman kepada masyarakat dalam memberikan usulan, masukan dan saran kepada penyelenggara layanan terkait layanan yang diterima khusus Disdukcapil. Selain itu juga capil memberikan ruang partisipasi kepada masyarakat dalam memperoleh kepastian layanan melalui pengawasan yang dilakukan.” Jika usulan sudah dikumpulkan barinkita menyelaraskan antara harapan publik degan kemampuan penyelenggara layanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik,” ujarnya.
Lebihlanjut Darsih menambahkan, dalam kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyempurnakan standar pelayanan guna memberikan sesuatu yang terbaik bagi warga Pringsewu. Jika mana ada hal-hal yang mungkin kurang, maka tentu kami akan minta masukan-masukan dari tokoh-tokoh dalam konsultasi tersebut.“Dengan diadakannya forum ini kami berharap dapat menjaring aspirasi dari seluruh pemangku kepentingan dengan tujuan untuk menghimpun aspirasi dari setiap perwakilan yang hadir, sehingga nantinya bisa mendapatkan kesamaan persepsi dalam mencari solusi atas kendala yang ditemukan dilapangan sehingga kami dapat membenahi diri dalam melayani warga Kabupaten Pringsewu ” pungkasnya.
(pon /red)
Komentar