Diharap Pemerintah Respon Jeritan Warga Terkait Jalan Rusak Ruas Pomalaa Desa Pelambua.

Uncategorized79 Dilihat

Diharap Pemerintah Respon Jeritan Warga Terkait Jalan Rusak Ruas Pomalaa Desa Pelambua.

IBInews.co.id _ KOLAKA // –Hasil pantauanJalan poros Kolaka-Pomalaa tepatnya di depan Toko Pomalaa Jaya, Desa Pelambua rusak parah,diperkirakan sepanjang 30 meter jalan umum yang dilintasi warga ini sudah seperti kubangan kerbau.Ironisnya jalan ini tak dihiraukan oleh semua pihak yang bertanggungjawab atas kerusakan jalan ini. Rusaknya jalan poros Kolaka-Pomalaa ini sudah berlangsung satu tahun dibiarkan tanpa ada upaya untuk perbaikan. Akibat rusaknya jalan ini tak sedikit menelan korban pengendaran sepeda motor terjatuh di jalan rusak ini.

Namun terkesan semua pihak tutup mata dengan kondisi jalan ini,meski beberapa pekan lalu di bulan ini, sudah pernah ada aksi protes yang dilakukan sejumlah aktifis di Kolaka-Pomalaa unjuk rasa di jalan rusak tersebut namun semua tak membuahkan hasil apalagi segera diperbaiki.

Rusaknya jalan poros Kolaka-Pomalaa ini, disayangkan warga di sekitarnya dan kalangan pemerhati sosial dan lingkungan di Kolaka, mereka menilai seharusnya jalan ini tidak dibiarkan rusak parah.Pasalnya Pomalaa adalah daerah yang mejadi penyumbang Pendapatan ke Negara di sektor pertambagan nikel. Namun kondisi jalan di Desa Pelambua rusak berat.

” Semua pihak yang bertanggungjawab atas sarana jalan umum jangan menutup mata, dikarenakan ini jalan nasional atau jalan provinsi.Baik Perintah Kabupaten Kolaka dan Provinsi sebaiknya segera turun ke lapangan melihat kondisi jalan itu. Kalau harus menunggu anggaran untuk segera memperbaiki jalan ini, sampai kapan jalan ini akan nyaman dilintasi warga di sekitarnya” ungkap Kaharuddin, dari Lingkar Studi Pengkajian Pembangunan Kolaka, ketika dikonfirmasi di kediamannya di Pomalaa

Ia menambahkan status jalan ini sudah bukan lagi jalan nasional tapi sudah jadi tanggungjawab Dinas PU Kabupaten Kolaka dan PU Provinsi Sulawesi Tenggara. Karena jalan nasional sudah dialihkan ke jalan By Pass yang ada di pesisir pantai Pomalaa-Kolaka.

Camat Pomalaa Rahmat Hidayat yang dikonfirmasi soal jalan rusak parah ini, membenarkan jika kondisi jalan Poros Pomalaa-Kolaka di Desa Pelambua mengalami rusak parah hingga kini.

“Kita sudah berusaha melakukan pertemua dengan sejumlah pihak yang terkait untuk melakukan perbaikan namun lagi-lagi, kita masih menunggu petunjuk PU Provinsi dan Kabupaten sebagai pihak yang bertangungjawab atas perbaikan dan pemeliharaan jalan Kabupaten” jelas Camat Pomalaa kepada awak media, Jumat (22/3) melalui sambungan telepon selulernya.

Ia menambahkan, pasca aksi unjuk rasa sejumlah aktifis LSM di Kolaka-Pomalaa, pihaknya sudah sepakat untuk melakukan perbaikan secara swadaya dengan melibatkan sejumlah perusahaan di sekitarnya.

“Jadi kita tidak ada masalah jika diminta untuk melakukan perbaikan, hanya saja kita masih menunggu pihak terkait. Kemudian bukan hanya jalan yang perlu diperbaiki tetapi saluran atau drainase di dua sisi bahu jalan harus ada, kiri-kanan harus ada saluran air kalau tidak maka tetap akan ada genangan air dan akan merusak kembali aspal jalan itu”kata Rahmat mantan Lurah Dawi-Dawi ini.(Tim IBI

Komentar