Dandim dan Kapolres Grobogan Jadi Manggolo Yudho Kirab Boyong Grobog HUT Grobogan Ke-298

JA-TENG103 Dilihat

 

IBInews.co.id. // 
GROBOGAN  – Dalam rangkaian memperingati HUT Kabupaten Grobogan ke-297 Komandan Kodim 0717/Grobogan Letkol Arh Muda Setyawan, S.I.P., M.I.P. dan Kapolres Grobogan AKBP Dr. Dedi Anung Kurniawan, S.I.K., M.Si. menjadi Manggolo Yudho di acara Kirab Budaya Boyong Grobog yang start dari Kantor Kelurahan Grobogan menuju Pendopo  Kabupaten Jl. Gatot Soebroto No. 6 Purwodadi Kabupaten Grobogan. Minggu (03/03/24).

HUT kali ini dengan mengambil tema “Persatuan Dalam Keberagaman”

Pelaksanaan Kirab Boyong Grobog ini, Bupati beserta para pejabat FKPD Grobogan mengenakan pakaian tradisional jawa yang biasa dipakai pada acara-acara penting. Dandim 0717/Grobogan beserta Kapolres Grobogan berperan sebagai Manggolo Yudho (Panglima perang) dengan mengendarai kuda tampak gagah dan perkasa melambangkan benteng kekuatan Kabupaten grobogan yang mempunyai wewenang menggelar dan memerintahkan pasukan bersenjata.

Dalam keterangannya Bupati Grobogan Hj. Sri Sumarni S.H., M.M. menyampaikan tradisi Boyong Grobog  ini bertujuan untuk memperingati kembali asal mula perpindahan pusat pemerintahan yang terletak di Kelurahan Grobogan dipindah ke Kota Purwodadi dengan aman dan lancar.

Bupati dengan dukungan seluruh pejabat Pemda berupaya melestarikan budaya daerah untuk menghargai jasa perjuangan para Bupati yang terdahulu, sehingga dapat kita rasakan hasilnya. Bupati berharap kepada warga grobogan untuk bersama-sama membangun Grobogan.

“Saat ini hari jadi Kabupaten Grobogan sudah berusia 298, kami ucapkan banyak terimakasih seluruh tamu undangan, dalam pelaksanaan boyong grobog dari Kelurahan Grobogan sampai Pendopo Kabupaten Grobogan dalam keadaan aman, lancar,” terang Sri Sumarni.

Sementara itu ribuan warga Kabupaten Grobogan, berjajar di sepanjang jalan yang dilalui kirab Boyong Grobog untuk memeriahkan perayaan HUT Ke-298 Kabupaten Grobogan ini. Beberapa warga yang menyaksikan, juga mengabadikan momen tersebut, mengunakan ponsel pintar milik mereka. Mereka tampak antusias menyaksikan prosesi Kirab Boyong Grobog tersebut.
(Hardi/red)

Pendim 0717/Grobogan

Komentar