Dandim 1511/Pulau Moa Pimpin Upacara Harkitnas ke-116

Uncategorized91 Dilihat

 

IBInews..co.id
MALUKU BARAT DAYA (MBD): //- Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 yang jatuh pada 20 Mei, diperingati oleh Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dengan menggelar upacara bendera di halaman apel Mapolresta, Senin (20/5/2024).

Dalam upacara Harkitnas yang berlangsung di lapangan kantor Bupati, di pimpin oleh Dandim 1511/Pulau Moa, Letkol. Inf. Galih Perkasa., dan dihadiri oleh para pejabat Forkopimda, Perwira dan bintara TNI~Polri, dan ASN pemda MBD.

Naskah pidato Kominfo yang dibacakan Dandim 1511/Pulau Moa, Harkitnas di peringati setiap tanggal 20 Mei memiliki tujuan untuk mengenang dan merayakan momentum kebangkitan semangat nasionalisme, persatuan, dan kesatuan bangsa Indonesia. Ini untuk mengingat berdirinya Boedi Oetomo pada tahun 1908, yang menjadi salah satu tonggak dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Selanjutnya, tema hari Kebangkitan Nasional tahun ini yaitu “Bangkit Untuk Indonesia Emas.” Tujuan peringatan ini yakni untuk meningkatkan semangat nasionalisme adalah kita diingatkan kembali pentingnya semangat cinta tanah air dan nasionalisme di kalangan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi pemuda pemudi MBD

Pada upcara hari kebangkitan nasional 2024 ini, Letkol Galih membacakan pidato dari kementrian komunikasi dan informatika tentang besarnya pengaruh Budi Utomo pada Indonesia membuat pemerintahan Indonesia mengakui pengaruh organisasi ini. Peran penting dari Budi Utomo pun menjadi dasar bagi pemerintah untuk melahirkan Hari Kebangkitan Nasional.

Tujuan peringatan 116 tahun Kebangkitan Nasional atau Harkitnas 2024 adalah untuk memelihara, menumbuhkan, dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan kita dalam memupuk kebersamaan dalam berbangsa dan bernegara.

“ dalam tujuan kita bersama Ini adalah landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara, serta mempererat persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya Indonesia Emas dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selain itu, memperingati Hari Kebangkitan Nasional merupakan momen terpenting bagi kita hari ini. Karena Kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan. Kemajuan telah terpampang di depan mata. Momen ini mesti kita tangkap agar kita langgeng menuju mimpi sebagai bangsa yang besar dalam kebhinekaan.

Sampai saat ini pemerintah pusat senantiasa memperhatikan kita yang jau berada diwilayah kepulauan (3T) dan perbatasan, Tidak mungkin lagi bagi kita untuk berjalan lamban, karena kita berkejaran dengan waktu. Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam kita, generasi muda kita berada pada potensi transformasi digital, hal ini menjadi modal dasar menuju “Indonesia Emas 2045”, tutup Dandim 1511/pulau Moa.

Tim IBI / red

Komentar