Babinsa Kodim Lotim Aktif Walping Petani

Uncategorized95 Dilihat

Babinsa Kodim Lotim Aktif Walping Petani

IBInews.co.id _ LOMBOK TIMUR //– Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 1615/Lotim tetap eksis memberikan pengawalan dan pendampingan terhadap para petani untuk memanfaatkan lahan secara maksimal seperti yang dilakukan Babinsa Loyok Serka Haryanto melaksanakan pengawalan dan pendampingan terhadap kelompok tani tajuk harapan 1 Desa Loyok Kecamatan Sikur dan Babinsa Desa Beriri Jarak Koptu Irwan melaksanakan pendampingan petani di Dusun Otak Kebon Desa Beriri Jarak Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur, Rabu (20/3/2024).

Komandan Kodim 1615/Lombok Timur Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro memberikan apresiasi kepada Babinsa jajarannya yang tetap berupaya untuk melakukan tugasnya dengan baik terutama mengawal dan mensukseskan ketahanan pangan.

Diungkapnya, sejak Desember tahun lalu (2023), Panglima TNI dan Menteri Pertanian RI sudah menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait dengan ketahanan pangan dan optimalisasi lahan tidur (Oplah), seluruh jajaran TNI khususnya TNI AD langsung bergerak melakukan pendampingan kepada para petani.

MoU tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama (PKS) antara Kasad melalui Aster Kasad dengan Dirjen Prasaran Kementan RI untuk mendukung pelaksanaan kegiatan strategis pembangunan pertanian terutama dalam optimalisasi pemanfaatan lahan.

“Salah satunya dengan menyiapkan ketersediaan air untuk lahan dan memaksimalkan musim tanam pada lahan tidur dan lahan tadah hujan. Dengan demikian akan dapat memaksimalkan hasil produksi pertanian,” ujarnya.

Selain itu, Bayu Sigit juga meminta kepada Danramil jajarannya untuk terus berkoordinasi dengan UPT Pertanian dan Pengawas Pengairan yang ada di masing-masing kecamatan sehingga apa yang menjadi harapan petani kedepan dapat terpenuhi dengan baik.

( INDRA // Red)

Komentar